Selasa, 17 April 2012

Penelitian Pengembangan (R&D)


PENELITIAN PENGEMBANGAN
(RESEARCH AND DEVELOPMENT/ R&D)


A.   Pengertian
Penelitian pengembangan (Research and development /R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas, maka diperlukan penelitian untuk menguji produk tersebut. Jadi penelitian pengembangan bersifat longitudinal (bertahap bisa multy years).   
Sesuai dengan namanya, Research & Developmnet difahami sebagai kegiatan penelitian yang dimulai dengan research dan diteruskan dengan development. Kegiatan research dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan pengguna (needs assessment), sedangkan kegiatan development dilakukan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran.
Pemahaman ini tidak terlalu tepat. Kegiatan research tidak hanya dilakukan pada tahap needs assesment, tapi juga pada proses pengembangan produk, yang memerlukan kegiatan pengumpulan data dan analisis data, yaitu pada tahap proses validasi ahli dan pada tahap validasi empiris atau uji-coba. Sedangkan nama development mengacu pada produk yang dihasilkan dalam proyek penelitian.
Karakteristik langkah pokok R&D yang membedakannya dengan pendekatan penelitian lain. Borg and Gall, 1983 menjelaskan 4 ciri utama R&D, yaitu:
  1. Studying research findings pertinent to the product to be developed.  (melakukan studi atau penelitian awal untuk mencari temuan-temuan penelaitian terkait dengan produk yang akan dikembangkan).  
  2. Developing the product base on this findings. (mengembangkan produk berdasarkan temuan penelitian tersebut).
  3. Field testing it in the setting where it will be used eventually. (dilakukannya uji lapangan dalam seting atau situasi senyatanya dimana produk tersebut nantinya digunakan).
  4. Revising it to correct the deficiencies found in the field-testing stage. (melakukan revisi untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ditemukan dalam tahap-tahap uji lapangan).

B.        Prosedur penelitian pengembangan
Prosedur penelitian pengembangan akan memaparkan prosedur yang ditempuh oleh peneliti/pengembang dalam membuat produk. Prosedur pengembangan berbeda dengan model pengembangan dalam memaparkan komponen rancangan produk yang dikembangkan.
Dalam prosedur, peneliti menyebutkan sifat-sifat komponen pada setiap tahapan dalam pengembangan, menjelaskan secara analitis fungsi komponen dalam setiap tahapan pengembangan produk, dan menjelaskan hubungan antar komponen dalam sistem.
Dalam keperluan penelitian dan pengembangan, seorang peneliti harus memenuhi langkah-langkah procedural yang biasanya digambarkan dalam suatu gambar alur dari awal hingga akhir.
Menurut Borg & Gall (1983) menggariskan langkah-langkah umum dalam penelitian dan pengembangan adalah sebagai berikut :








 





Langkah-langkah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D)
Berikut penjelasan dari skema langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall :
1.      Analisis Kebutuhan (needs assessment)
Suatu proses yang yang sistematis untuk menentukan tujuan, mengidentifikasi ketidaksesuaian antara kenyataan dan kondisi yang diinginkan. Meliputi kajian pustaka, pengamatan atau observasi kelas dan persiapan laporan awal. Penelitian awal atau analisis kebutuhan sangat penting dilakukan guna memperoleh informasi awal untuk melakukan pengembangan. Ini bisa dilakukan misalnya melalui pengamatan kelas untuk melihat kondisi riil lapangan.
2.      Perencanaan
Perencanaan, yang mencakup merumuskan kemampuan, merumuskan tujuan khusus untuk menentukan urutan bahan, dan uji coba skala kecil (
uji ahli atau ujicoba pada skala kecil, atau expert judgement).
3.      Pengembangan format produk awal
Pengembangan format produk awal yang mencakup penyiapan bahan-bahan pembelajaran, handbook dan alat-alat evaluasi. Format pengembangan program yang dimaksud apakah ber upa bahan cetak, urutan proses, atau prosedur yang dilengkapi dengan video.
4.      Validasi produk awal
Uji ahli atau Validasi, dilakukan dengan responden para ahli perancangan model atau produk. Kegiatan ini dilakukan untuk mereview produk awal, memberikan masukan untuk perbaikan. Proses validasi ini disebut dengan Expert Judgement atau Teknik Delphi.
5.      Revisi produk tahap awal
Dilakukan berdasarkan hasil validasi awal. Hasil uji coba lapangan tersebut diperoleh informasi kualitatif tentang program atau produk yang dikembangkan.
6.      Uji coba produk
Dilakukan terhadap 5-15 sekolah dengan melibatkan 30-100 subjek data kuantitatif. Hasil belajar dikumpulkan dan dianalisis sesuai dengan Tujuan khusus yang ingin dicapai. Atau jika kemungkinan dibandingkan dengan kelompok control.
7.      Revisi produk
Dikerjakan berdasarkan hasil uji coba lapangan. Hasil uji coba lapangan dengan melibatkan kelompok subjek lebih besar. Dimaksudkan untuk menentukan keberhasilan produk dalam pencapaian Tujuan dan mengumpulkan informasi.
8.      Uji coba lapangan
Melibatkan 10-30 sekolah terhadap 40-200 subjek yang disertai wawancara, observasi, dan penyampaian angket kemudian dilakukan analisis.
9.      Revisi produk akhir
Melakukan refisi terhadap produk akhir, berdasarkan saran dalam uji coba lapangan.
10.  Desiminasi dan implementasi
Melaporkan dan menyebarluaskan produk melalui pertemuan dan jurnal ilmiah, bekerjasama dengan penerbit untuk sosialisasi produk untuk komersial, dan memantau distribusi dan kontrol kualitas.
Prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall, dapat dilakukan dengan lebih sederhana melibatkan 5 langkah utama:
1.      Melakukan analisis produk yang akan  dikembangkan
2.      Mengembangkan produk awal
3.      Validasi ahli dan revisi
4.      Ujicoba lapangan skala kecil dan revisi produk
5.      Uji coba lapangan skala besar dan produk akhir

C.   Metode Penelitian Pengembangan
Metode Penelitian Pengembangan memuat 3 komponen utama yaitu : (1) Model pengembangan, (2) Prosedur pengembangan, dan (3) Uji coba produk. Deskripsi dari masing-masing komponen adalah sebagai berikut :

1)   Model pengembangan
Model Pengembangan merupakan dasar untuk mengembangkan produk yang akan dihasilkan. Model pengembangan dapat berupa model prosedural, model konseptual, dan model teoritik. Model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk.
Model konseptual adalah model yang bersifat analitis, yang menyebutkan komponen-komponen produk, menganalisis komponen secara rinci dan menunjukkan hubungan antar komponen yang akan dikembangkan. Model teoritik adalah model yang menggambar kerangka berfikir yang didasarkan pada teori-teori yang relevan dan didukung oleh data empirik.

Dalam model pengembangan, peneliti memperhatikan 3 hal:
a.      Menggambarkan Struktur Model yang digunakan secara singkat, sebagai dasar pengembangan produk.
b.      Apabila model yang digunakan diadaptasi dari model yang sudah ada, maka perlu dijelaskan alasan memilih model, komponen-komponen yang disesuaikan, dan kekuatan serta kelemahan model dibanding model aslinya.
c.       Apabila model yang digunakan dikembangkan sendiri, maka perlu dipaparkan mengenai komponen-komponen dan kaitan antar komponen yang terlibat dalam pengembangan.

2)   Prosedur penelitian pengembangan
                     Prosedur penelitian pengembangan akan memaparkan prosedur yang ditempuh oleh peneliti/pengembang dalam membuat produk. Prosedur pengembangan berbeda dengan model pengembangan dalam memaparkan komponen rancangan produk yang dikembangkan. Dalam prosedur, peneliti menyebutkan sifat-sifat komponen pada setiap tahapan dalam pengembangan, menjelaskan secara analitis fungsi komponen dalam setiap tahapan pengembangan produk, dan menjelaskan hubungan antar komponen dalam sistem. Dalam keperluan penelitian dan pengembangan, seorang peneliti harus memenuhi langkah-langkah procedural yang biasanya digambarkan dalam suatu gambar alur dari awal hingga akhir.
3). Uji Coba  Produk
Uji coba model atau produk merupakan bagian yang sangat penting dalam penelitian pengembangan, yang dilakukan setelah rancangan produk selesai. Uji coba model atau produk bertujuan untuk mengetahui apakah produk yang dibuat layak digunakan atau tidak. Uji coba model atau produk juga melihat sejauh mana produk yang dibuat dapat mencapai sasaran dan tujuan.
Model atau produk yang baik memenuhi 2 kriteria yaitu : kriteria pembelajaran (instructional criteria) dan kriteria penampilan (presentation criteria).
Ujicoba dilakukan 3 kali: (1) Uji-ahli (2) Uji terbatas dilakukan terhadap kelompok kecil sebagai pengguna produk; (3) Uji-lapangan (field Testing). Dengan uji coba kualitas model atau produk yang dikembangkan betul-betul teruji secara empiris.
a.      Desain Uji Coba
Ada beberapa tahapan dalam uji coba produk:
1). Uji ahli atau Validasi
 Dilakukan dengan responden para ahli perancangan model atau produk. Kegiatan ini dilakukan untuk mereview produk awal, memberikan masukan untuk perbaikan. Proses validasi ini disebut dengan Expert Judgement atau Teknik Delphi.
Expert Judgement atau Pertimbangan Ahli dilakukan melalui: (1) Diskusi  Kelompok (group discussion), dan (2) Teknik Delphi.
1.   Group discussion, adalah sutau proses diskusi yang melibatkan para pakar (ahli) untuk mengidentifikasi masalah analisis penyebab masalah, menentukan cara-cara penyelesaian masalah, dan mengusulkan berbagai alternatif pemecahan masalah dengan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia. Dalam diskusi kelompok terjadi curah pendapat (brain storming) diantara para ahli dalam perancangan model atau produk. Mereka mengutarakan pendapatnya sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.
2.  Teknik Delphi, adalah suatu cara untuk mendapatkan konsensus diantara para pakar melalui pendekatan intuitif. Langkah-Langkah penerapan Teknik Delphi dalam Uji-Ahli dalam penelitian pengembangan adalah sebagai berikut:
a).   Problem identification and specification. Peneliti mengidentifikasi isu dan masalah yang berkembang di lingkungannya (bidangnya), permasalahan yang melatar belakangi, atau permasalahan yang dihadapi yang harus segera perlu penyelesaian.
b).   Personal identification and selection. Berdasarkan bidang permasalahan dan isu yang telah teridentifikasi, peneliti menentukan dan memilih orang-orang yang ahli, manaruh perhatian, dan tertarik bidang tersebut, yang memungkinkan ketercapaian tujuan. Jumlah responden paling tidak sesuai dengan sub permasalahan, tingkat kepakaran (experetise), dan atau kewenangannya.
c).   Questionaire Design. Peneliti menyusun butirbutir instrumen berdasarkan variabel yang diamati atau permasalahan yang akan diselesaikan. Butir instrumen hendaknya memenuhi validitas isinya (content validity). Pertanyaan dalam bentuk open-ended question, kecuali jika permasalahan memang sudah spesifik.
d).   Sending questioner and analisis responded for first round. Peneliti mengirimkan kuesioner pada putaran pertama kepada responden, selanjutnya meriview instrumen dan menganalisis jawaban instrumen yang telah dikembalikan. Analisis dilakukan dengan mengelompokkan jawaban yang serupa. Berdasarkan hasil analisis, peneliti merevisi instrument.
e).   Development of subsequent Questionaires. Kuesioner hasil review pada putaran pertama dikembangkan dan diperbaiki, dilanjutkan pada putaran kedua, dan ketiga. Setiap hasil revisi, kuesioner dikirimkan kembali kepada responden. Jika mengalami kesulitan dan keraguan dalam merangkum, peneliti dapat meminta klarifikasi kepada responden. Dalam teknik delphi biasanya digunakan hingga 3-5 putaran, tergantung dari keluasan dan kekomplekan permasalahan sampai dengan tercapainya konsensus.
f).    Organization of Group Meetings. Peneliti mengundang responden untuk melakukan diskusi panel, untuk klarifikasi atas jawaban yang telah diberikan. Disinilah argumentasi dan debat bisa terjadi untuk mencapai consensus dalam memberikan jawaban tentang rancangan face-to-face contact, peneliti dapat menanyakan secara rinci mengenai respon yang telah diberikan. Keputusan akhir tentang hasil jajak pendapat dikatakan baik apabila dicapai minimal 70% konsensus.
g).   Prepare final report. Peneliti perlu membuat laporan tentang persiapan, proses, dan hasil yang dicapai dalam Teknik Delphi. Hasil Teknik Delphi perlu diujicoba di lapangan dengan responden yang akan memakai model atau produk dalam jumlah yang jauh lebih besar.
2).  Analisis konseptual
3). Revisi I
3). Uji Coba Kelompok Kecil, atau Uji terbatas dilakukan terhadap kelompok kecil sebagai pengguna produk.
4).  Revisi II
5).  Uji Coba Lapangan (field testing)
6). Telaah Uji Lapangan
7).  Revisi III
8). Produk Akhir dan Diseminasi

b.       Subyek Uji Coba
Subyek uji coba atau sampel untuk uji coba, dilihat dari jumlah dan cara memilih sampel perlu dipaparkan secara jelas. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sampel.
1).  Penentuan sampel yang digunakan disesuaikan dengan tujuan dan ruang lingkup dan tapan penelitian pengembangan.
2). Sampel hendaknya representatif, terkait dengan jenis produk yang akan dikembangkan, terdiri atas tenaga ahli dalam bidang studi, ahli perancangan produk, dan sasaran pemakai produk.
3).  Jumlah sampel uji coba tergantung tahapan uji coba tahap awal (preliminary field test).

c.   Jenis Data
Dalam uji coba, data digunakan sebagai dasar untuk menentukan keefektifan, efisiensi, dan daya tarik produk yang dihasilkan. Jenis data yang akan dikumpulkan harus disesuaikan dengan informasi yang dibutuhkan tentang produk yang dikembangkan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Bisa terjadi data yang dikumpulkan hanya data tentang pemecahan masalah yang terkait dengan keefektifan dan efisiensi, atau data tentang daya tarik produk yang dihasilkan.
Paparan data hendaknya dikaitkan dengan desain penelitian dan subyek uji coba tertentu. Data mengenai kecermatan isi dapat dilakukan terhadap subyek ahli isi, kelompok kecil, atau ketiganya. Dalam Uji Ahli, data yang terungkap antara lain ketepatan substansi, ketepatan metode, ketapatan desain produk, dsb.

d.   Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen
Dalam pengumpulan data dapat digunakan berbagai teknik pengumpulan data atau pengukuran yang disesuaikan dengan karakteristik data yang akan dikumpulkan dan responden penelitian.
1). Teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan kuesioner.
2). Pengumpulan data dapat menggunakan Instrumen yang sudah ada. Untuk ini perlu kejelasan mengenai karateristik instrumen, mencakup kesahihan (validitas), kehandalan  (reliabilitas), dan pernah dipakai dimana dan untuk mengukur apa.
3). Instrumen dapat dikembangkan sendiri oleh oleh peneliti, oleh karena itu perlu kejelasan prosedur pengembangannya, tingkat validitas dan reliabilitas.

e.        Teknik analisis data
Teknik analisis data yang digunakan disesuaikan dengan jenis data dikumpulkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam analisis data:
1). Analisis data mencakup prosedur organisasi data, reduksi, dan penyajian data baik dengan tabel, bagan, atau grafik.
2).Data diklasifikasikan berdasarkan jenis dan komponen produk yang dikembangkan
3). Data dianalisis secara deskriptif maupun dalam bentuk perhitungan kuantitatif.
4). Penyajian hasil analisis dibatasi pada hal-hal yang bersifat faktual, dengan tanpa interpretasi pengembang, sehingga sebagai dasar dalam melakukan revisi produk.
5). Dalam analisis data penggunaan perhitungan dan analisis statistik sejalan produk yang akan dikembangkan.
6). Laporan atau sajian harus diramu dalam format yang tepat sedemikian rupa dan disesuaikan dengan konsumen, atau calon pemakai produk.

D.   Laporan Penelitian dan Pengembangan
Seperti yang telah dikemukakan bahwa metode penelitian dan pengembangan (research and development/ R&D) adalah merupakan metode penelitian yang digunakan untuk  meneliti sehingga menghasilkan produk baru, dan selanjutnya menguji keefktifan produk tersebut.
Dengan demikian laporan penelitian yang dibuat harus selalu dilampiri dengan produk yang dihasilkan berikut spesifikasi dan penjelasannya. Sistematika laporan adalah sebagai berikut:
HALAMAN JUDUL
ABSTRAK
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
BAB I               PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
B.      Rumusan masalah
C.      Tujuan
D.     Manfaat
BAB II              LANDASAN TEORI
A.      Deskripsi Teoritis
B.      Kerangka Berfikir
C.      Hipotesis (Produk yang Dihasilkan)
BAB III             METODE PENELITIAN
A.      Model Pengembangan
B.      Prosedur Penelitian
C.      Populasi dan sampel
D.     Teknik Pengumpulan Data
E.      Instrumen Penelitian
F.       Teknik Analisis Data
BAB IV             HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.      Desain Awal Produk
B.      Hasil Pengujian Pertama
C.      Revisi Produk
D.     Hasil Pengujian Tahap II  
E.      Revisi Produk
F.       Pengujian Tahap ke III
G.     Penyempurnaan Produk
H.     Pembahasan Produk
BAB V              KESIMPULAN DAN SARAN
A.      Kesimpulan
B.      Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN INSTRUMEN
LAMPIRAN DATA
LAMPIRAN PRODUK

E.    Contoh Judul Penelitian dan Pengembangan (R&D)
1.    Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Pencapaian Kompetensi Dasar Menganalisis Cara Perpindahan Kalaor
2.    Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar
3.    Pengembangan pola pembelajaran teknologi bagi anak-anak cacat
4.    Pengembangan model pembelajaran program produktif sekolah menengah kejuruan
5.    Pengembangan Bahan Ajar Fisika Interaktif untuk Konsep Pembelajaran Kinematika di Sekolah Menegah Atas.
6.    Pengembangan Modul Cetak Berbasis Kompetensi Pada Konsep Kinematika di Kelas XI SMA/MA .
7.    Pengembangan E-Learning Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang kreatif untuk kelas XI Semester Ganjil
8.    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Iman dan Taqwa
9.    Pengembangan modul Limit dan turunan Fungsi Berbasis RME dan TIK di SMAN 2 Sungai Tarab
10.     Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Mendorong Perilaku Pro Sosial Siswa di SDIT Alam Yogyakarta

F.    Contoh Laporan Penelitian dan Pengembangan (R&D)
1.    Judul Penelitian
 Pengembangan Modul Cetak Berbasis Kompetensi Pada Konsep Kinematika di Kelas XI SMA/MA .
2.    Rumusan Masalah
Bagaimana merancang modul agar valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan sebagai salah satu perangkat pembelajaran dalam pembelajaran Fisika di kelas XI di SMA/MA.


3.    Tujuan Penelitian
a). Bahan ajar dalam bentuk modul pembelajaran fisika pada konsep Kinematika yang valid.
b). Bahan ajar dalam bentuk modul yang praktis sehingga mudah digunakan dan dipahami dalam pembelajaran fisika pada konsep Kinematika.
c). Bahan ajar dalam bentuk modul yang efektif sehingga tepat digunakan dalam pembelajaran fisika pada konsep Kinematika.
4.    Metode Penelitian
a)      Jenis Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D)
b)      Tahap Penelitian
1.    Tahap studi pendahuluan dengan melakukan pemilihan jenis produk yang akan dikembangkan
2.    Tahap pengembangan desai model dengan membuat prototype produk 3. Tahap validasi sesuai dengan prosedur penelitian
c). Validator
a.    Dosen
Dosen sebagai salah satu pihak yang bertindak sebagai validator adalah dosen jurusan Fisika FMIPA UNP yang bersedia untuk menilai kelayakan bahan ajar yang telah dirancang. Tiga orang dosen ini bertindak sebagai pakar dari pengembangan bahan ajar ini. Tiga Dosen ini terdiri atas pakar materi dan pakar pembelajaran.
b.    Guru mata pelajaran fisika
Guru mata pelajaran fisika yang bertindak sebagai validator pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran fisika di SMA/MA.
c.     Siswa
Siswa yang bertidak sebagai validator pada penelitian ini adalah siswa kelas XI semester 1 SMA Negeri 1 X Koto Singkarak yang terdaftar pada tahun ajaran 2009/2010
5.    Prosedur Penelitian

6.                  Instrumen Penelitian
Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. 

7.                  Teknik Analisa Data
Layak atau tidaknya suatu bahan ajar dapat dilihat dari data angket-angket yang digunakan dalam bentuk skala Likert.

Keterangan :
x               =   Rata-rata responden
N              =   Jumlah responden
∑x            =   Jumlah nilai responden
r               =   Nilai kelayakan
Nilai kelayakan media berdasarkan nilai kelayakan pada skala Likert
Penilaian
Nilai
Sangat layak
4,00 – 5,00
Layak
3,00 – 3,99
Kurang layak
2,00 – 2,99
Tidak layak
1,00 – 1,99
  
8.        Hasil Penelitian
1.        Modul Cetak Pembelajaran Fisika
                                    Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar berupa bentuk modul cetak pembelajaran Fisika untuk satu kompetensi.  Modul ini terdiri dari halaman depan (Cover), kata pengantar, daftar  isi, pembatas modul, serta bagian-bagian modul. Adapun bagian-bagian modul tersebut adalah, uraian pencapaian kompetensi, materi, rangkuman, latihan, kunci jawaban latihan, penilaian latihan mandiri, lembar kegiatan siswa, serta sumber & bahan bacaan.
                                   
                                                     Cover Modul cetak Yang dihasilkan
9.        Uji Validitas, Praktikalitas, dan Efektifitas  Bahan Ajar
a.         Deskripsi dan Analisis Data Angket Uji Kevalidan Kepada Pakar  (Dosen) dan  Kepraktisan Guru Fisika.
                  Masing-masing responden memberikan nilai kelayakan terhadap modul pembelajaran, dengan rata-rata secara keseluruhan dari 6 responden 80,35,  Nilai kelayakan masing-masing responden dalam rentangan 0-100 dapat terlihat pada diagram  dibawah ini :
Gambar  8.  Diagram Nilai Kelayakan Bahan Ajar oleh Dosen dan Guru Fisika
b. Deskripsi dan Analisis Data Angket Uji Keefektifan kepada Siswa
Distribusi jawaban angket  diperoleh melalui hasil perhitungan dimana nilai keefektifan bahan ajar pada tahap uji coba kepada siswa yaitu 4,39 dengan interpretasi nilai Sangat Layak, ini berarti siswa menilai modul telah efektif sebagai bahan ajar pada konsep Kinematika.
10.         Kesimpulan
Pada penelitian pengembangan bahan ajar cetak ini kesimpulan bahwa :
1.    Hasil penelitian yang diperoleh yakni nilai validitas bahan ajar yang meliputi validitas isi, validitas konstruk dan validitas teknis bernilai 3,72  pada tahap uji pakar dengan kriteria valid.
2.    Hasil penelitian mengenai kepraktisan bahan ajar berupa modul  dari penilaian rancangan prototype bahan ajar  yang di uji kepada pakar dapat digunakan dengan revisi kecil atau dengan sedikit revisi, membuktikan bahan ajar telah praktis. Selain itu data mengenai kepraktisan memiliki nilai 4,33 dengan kriteria sangat praktis.
3.    Hasil penelitian mengenai keefektifan bahan ajar ditunjukkan dari respon positif yang diperoleh dari guru dan siswa sebagai pengguna produk. Setelah dilakukan revisi bahan ajar, nilai efektifitas bahan ajar pada tahap uji kepada Guru 4,25 dan kepada siswa 4,39 dengan kriteria sangat efektif. Rata-rata keefektifan modul adalah 4,32 dengan kriteria sangat efektif. Guru dan siswa menyimpulkan bahwa modul sangat efektif digunakan dalam pembelajaran.























DAFTAR PUSTAKA


Borg, W.R. and Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction.  London: Longman, Inc.

Dick, W. And Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collin Publishers.
Sugiyono. (2007). Metode Penilaian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R/D). Bandung: Alfabeta.
Truckman, Bruce W. (1972). Conducting Educational Research. New York Chicago San Fransisco Atlanta: Harcourt Brace Jovanovic. Inc.



48 komentar:

  1. kalo penelitian pengembangan yang berbasis IT untuk pendidikan matematika enaknya apa ya? mhn d bantu. makasii

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat mbak isna kayaknya CAI bagus deh


      salam
      zahrias

      Hapus
    2. kalo berbasis IT pendidikan BI menurut pengetahuan mba apa??mhn bantuan

      Hapus
  2. terima kasih ilmunya, akan saya coba terapkan

    BalasHapus
  3. kak shilvi, mau dong share thesis s1 untuk metodologi R&D yang cocok untuk jurusan design grafis, misal video profil apa media pembelajaran melalui flash macromedia, terima kasih kak.

    BalasHapus
  4. bagaimana hasil hipotesisnya mbak, terima kasih sbelumnya..

    BalasHapus
  5. kak shilvi boleh share filenya gak..
    yang untuk metodologi R&D yang cocok untuk jurusan design grafis, desain web

    BalasHapus
  6. postingan yang sangat membantu.
    tapi maaf, rumus diatas tak bisa dibaca. bisa di perbaiki lagi?

    terima kasih.

    BalasHapus
  7. terima kasih silvi, saya copy ya untuk bahan penelitian saya. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak, saya bisa liat rumusnya engga iya di lptop saya engga muncul rumusnya.

      Hapus
  8. timakasih atas berbagi ilmunya bermanfaat sekali bagi saya,,,

    BalasHapus
  9. kalo untuk bab 2 nya ada gak mbk , untuk metode pengembangan r&d

    BalasHapus
  10. kalau penelitian untuk suatu produk kesehatan yang mau dikembangkan bisa pakai R an D ?

    BalasHapus
  11. mbak, untuk jumlah responden itu teorinya dri buku apa ya?

    BalasHapus
  12. Thanks ya sudah mau berbagi penelitian R&D
    . Jadi tertarik ingin coba

    BalasHapus
  13. Kalau untuk penelitian R n D untuk media pembelajaran bahasa inggris apa kira2 ya? mohon bantuin ngasih ide dong. thanks

    BalasHapus
  14. Mba shilvia terimakasih tulisan bagus srkali. mba shilvia kalau sekolah dasar baca tulis pada kelas satu apa cocoknya? mohon bantuanya ya mba, saya mau menulis tesis tentang baca tulis,

    BalasHapus
  15. Mohon bantuannya.kudul penelitian yg akan saya lakukan adalah pengembangan perangkat pembelajaran berupa rpp dan lks pada materi program linier dengan pendekatan penemuan terbimbing. Nah, ketika saya konsultasi dengan beberapa orang, mereka bertanya. "Kemampuan matematisnya mana? Bukannya kemampuan matematis itu sebagai variabel terikat dari penelitian kita(masalah).
    Adakah yg bisa membantu saya mengenai variabel terikat dan variabel bebas di metode penelitian r & d ?
    karena sampai sekarang saya masih bingung menentukan variabel terikat dan bebas pada penelitian tersebut.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya tidak pakai variable terikat maupun bebas mbak,, tapi pakai subjek dan objek penelitian.. Subjek nya adalah produk, objeknya adalah orang yang akan diteliti

      Hapus
  16. @Dwi Endah Lestari: saya mencoba menjawab, semoga belum terlambat. Hakekat dari penelitian RnD adalah menyediakan suatu produk untuk mengatasi masalah yang dalam pembelajaran, dalam penelitian mba dwi disini rpp dan lks. Nah apa variabel terikatnya, variabel terikatnya sudah pasti prestasi belajar dan variabel bebasnya produk tadi. mungkin mba bisa pelajari lagi di http://ayo-nambah-ilmu.blogspot.co.id/2016/06/variabel-penelitian-pengertian-ciri.html

    BalasHapus
  17. Ka silvi mau nanya, kalau metode R&D untuk jurusan pendidikan bahasa inggris berbasis IT bagusnya apa ya ka judulnya? Mohon beri solusi ka. Thxxx

    BalasHapus
  18. Ka silvi mau nanya, kalau metode R&D untuk jurusan pendidikan bahasa inggris berbasis IT bagusnya apa ya ka judulnya? Mohon beri solusi ka. Thxxx

    BalasHapus
  19. Sangat membantu sekali postingannya Bu Shilvia. Terima kasih!

    BalasHapus
  20. Sangat membantu sekali postingannya Bu Shilvia. Terima kasih banyak! jazaakumullahi katsiroo

    BalasHapus
  21. Kak saya mau tanya dong, untuk penelitian RnD mahasiswa S1, apakah boleh hanya dibatasi sampai rancangan desain produknya saja? Terimakasih

    BalasHapus
  22. Mohin dibantu. Alasan mengabil pengenbangan r&d?

    BalasHapus
  23. Mbk mau tanya cara menentukan fariabel bebes dan terikat pada penelitian r&d gmna ya

    BalasHapus
  24. Kak mau nnya, teknik analisis yg cocok digunakan untuk mngetahui peningktan pemahaman konsep & efektifitas belajar pd pnlitian R&D apa ya? Makasih

    BalasHapus
  25. Kak mau nnya, teknik analisis yg ccok untk mngetahui peningkatan pemahaman konsep dan efektifitas pembelajaran pada penelitian R&D apa ya? Makasih.

    BalasHapus
  26. Kak mau nanya, kalau penelitian RnD yang kakak lakukan ini, memakan waktu berapa lama (dari awal pembuatan proposalnya hingga selesai penenlitiannya)?, Terimakasih .

    BalasHapus
  27. kak mau tanya saya kan ada penelitian tentang faktor organisasional terhadap desain produk bank syariah... RnD ini bisa dijadikan variabel atau tidak kak ? soalnya saya masih sangat bingung dalam menentukan Variabel X nya,soalnya harus 3 variabel.... tolong bantu jawab, terima kasih :)

    BalasHapus
  28. Kak mau tanya kalau ngitung angket motivasi siswa di penelitian R&D gimana?,terima kasih

    BalasHapus
  29. Kak maaf mau tanya,penelitian menggunakan RnD kira kira memakan waktu berapa lama ya?

    BalasHapus
  30. terimakasih ilmunya kak, saya izin pakai untuk referensi tugas ya kak... makasih...

    BalasHapus
  31. Kakak2 ada yang tau dimana bisa dapat refrensi penelitian R&D untuk dimasukkan ke kajian teori yang terbaru minimal 2015 karena mengingat saat ini sedang adapandemi sehingga saya kesulitan mencari refrensinya. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  32. Untuk syarat pengembangan r&d apaya?

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. saya mohon bantuanya untuk rumusnya kenapa dilptop saya engga bisa kebukak semuanya, jika ada yng bisa bisa bantu saya untuk tugas akhir saya. mohon bantuanya

    BalasHapus
  35. Jasa Penulis Artikel Harimau sumatra dapat berbiak kapan saja. Masa kehamilan adalah sekitar 103 hari. Biasanya harimau betina melahirkan 2 atau 3 ekor anak harimau sekaligus, dan paling banyak 6 ekor. Mata anak harimau baru terbuka pada hari kesepuluh, meskipun anak harimau di kebun binatang ada yang tercatat lahir dengan mata terbuka. Anak harimau hanya minum air susu induknya selama 8 minggu pertama. Sehabis itu mereka dapat mencoba makanan padat, namun

    BalasHapus